Imagination

Imagination

Kamis, 25 November 2010

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


5. DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


5.1 ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing terdiri atas beberapa komponen :
  • Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
  • Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
  • Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.
  • Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. 
Peralatan Input
Keyboard

Piranti memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.


Alat Penunjuk
  • Mouse, suatu alat kecil & ringan yg memiliki suatu bola kecil dibawahnya & memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
  • Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dgn cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat.
  • Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.
  • Light pen, untuk menunjuk pada layar.
  • Barcode,untuk membaca suatu kode kotak-kotak maupun garis dan angka-angka.
Unit Input Otomatis Data Sumber
  • ALAT PEMBACA OPTIS ialah piranti membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis (scanner).
  • ALAT PEMBACA MAGNETIK ialah piranti  pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

Unit Pengenal Suara (speech recognition unit)

  • Mikropon
  • Automatic Speech Recognation (ASR)
  • Touchtone
Alat Input Suara
  • Video Camera recorder atau Camcoder
Alat Input Penerima Gerak
  • Headset
  • Glove
  • Walker
Pemprosesan Pusat dan penyimpanan Sekunder
Mesin pemrosesan lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
Penyimpanan Sekunder

·         Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·         Hard Disk : Removable dan Non removable
·         Floppy Disk
·         Piringan Optik : CD, DVD
·         USB Flash Disk
·         Smart Card
·         Kartu memori
Peralatan Output
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.
Dibagi menjadi beberapa:
Output yang ditampilkan

  • Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard.
  • Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.
Output yang Di Cetak
Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
Output Grafik

  • Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik.
  • Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
Output Mikrofilm

  • Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche.
  • Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut.
  • Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
Output Audio
Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.

5.2 SOFTWARE

Software adalah perangkat lunak yang ada dalam komputer.
Software dibagi menjadi 2 yaitu:
Perangkat lunak yang melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
1.Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
  1. Menjadwalkan Tugas
  2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Menjaga keamanan sistem
  4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
  5. Menangani Interrupt
  6. Menyiapkan catatan pemakaian
2. Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.

3.Penerjemah Bahasa Komputer
  • Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
  • Bahasa Generasi Kedua, Assembler
  • Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
  • Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. 
Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat:
  1. Database Query Language
  2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
  3. Very High Level Language : PASCAL, APL
  4. Graph Generators : paket grafik
  5. Report Writer : COBOL, RPG
  6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
  1. Paket Aplikasi Bisnis Umum
  2. Paket Aplikasi Khusus Industri
  3. Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
  4. Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan 
5.3 PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
*Keseluruhan peralatan I/O sangan penting bagi manajer terutama dalam memberikan komunikasi antara manajer dengan komputer. 
*Peralatan input seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukan data kedalam database,baik ketika terjadi transaksi.
*Banyak unit output  yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung
*Manajer akan meminta kepada staff untuk mengumpulkan informasi microfilm dan kemudian menampilkan ringkasan dalam bentuk tertulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar